×

Iklan

DI LAPAS PADANG
Dua Napi Terindikasi Ketergantungan Obat

20 Januari 2023 | 16:45:51 WIB Last Updated 2023-01-20T16:45:51+00:00
    Share
iklan
Dua Napi Terindikasi Ketergantungan Obat
Ilustrasi narapidana di penjara.

Padang, Khazminang.id-- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang mencatat, dari 1.024 narapidana yang ada di Lapas itu, terdapat dua orang yang terindikasi ketergantungan obat.

Hal itu diungkapkannya pada acara Penutupan Rehabilitasi Pemasyarakatan Tahun 2022 dan Pembukaan Rehabilitasi Pemasyarakatan Tahun 2023, di Lapas Kelas IIA Padang, Kamis (19/1).

"Target pada tahun ini sebanyak 140 narapidana untuk dilakukan rehabulitasi pemasyarakatan," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang, Era Wiharto.

    "Yakni rehab medis dari target 40 narapidana sudah terpilih 22 orang dan rehab sosial dari target 100 orang sudah terpilih 50 orang untuk triwulan pertama," ucapnya.

    Dia menjelaskan, program ini merupakan upaya terpadu yang terdiri dari upaya keagamaan dan kemandirian, sehingga dapat meningkatkan fungsi sosial di masyarakat.

    "Seluruh kegiatan rehab ini akan dilaksanakan di lingkungan Lapas Padang, untuk menjaga kondisi bersih dari yang mempengaruhi," sebut dia.

    Pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto juga menutup Rehabilitasi Pemasyarakatan Tahun 2022 dan membuka Rehabilitasi Pemasyarakatan untuk anggaran Tahun 2023.

    Dalam sambutannya, Haris mengajak semua Warga Binaan untuk menyerukan 'War on Drugs' dan meminta kepada warga binaan untuk berniat di dalam hati melawan apapun jenis narkoba. 

    "Mari bersama-sama kita dukung program rehabilitasi ini. War on Drugs. Niatkan dalam hati untuk melawan narkoba," tutupnya. (khz)