×

Iklan

JADI KRU KOMERSIAL NASA
Dua Astronot ini Kembali Piknik ke Angkasa Luar

07 Oktober 2021 | 15:22:28 WIB Last Updated 2021-10-07T15:22:28+00:00
    Share
iklan
Dua Astronot ini Kembali Piknik ke Angkasa Luar
Mann dan Cassada

Washington, Khazminang.id -- Dua astronot AS ini beruntung sekali, acap benar ia 'raun-raun' ke angkasa luar. Nicole Mann dan Josh Cassada dua astronot AS ini akan dikirim kembali ke angkasa luar oleh badan antaraiksa AS, NASA.

Keduanya akan bergabung sebagai kru komersial ke misi SpaceX Crew-5 agensi di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Keduanya akan berperan sebagai komandan dan pilot pesawat ruang angkasa. Menurut NASA yang dirilis kemarin, Crew-5 diperkirakan akan diluncurkan tidak lebih awal dari musim gugur 2022 dengan roket Falcon 9 dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center NASA di Florida. 

Mann dan Cassada akan tinggal di stasiun angkasa itu dalam waktu yang cukup panjang untuk melakukan berbagai penelitian dan riset.

    “Nicole dan Josh telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam merintis pelatihan dan jalan ke depan bagi para astronot untuk terbang dengan pesawat ruang angkasa Boeing Starliner. Mereka telah memperoleh pengalaman yang akan mereka bawa ke depan saat mereka berlatih untuk terbang di pesawat ruang angkasa SpaceX's Crew Dragon dan melayani di Stasiun Luar Angkasa Internasional, ”kata administrator asosiasi Direktorat Misi Operasi Luar Angkasa, Kathryn Lueders, di Markas Besar NASA di Washington. 

    NASA menyatakan beruntung memiliki dua kru komersial itu dan akan terus bekerja dengan Boeing dan SpaceX untuk mempersiapkan astronot NASA dan mitra internasional.

    Sebelum ini Mann dan Cassada juga terlibat dalam penerbangan ke angkasa luar sebagai bagian dari kru Boeing Crew Flight Test NASA dan misi Boeing Starliner-1 NASA. NASA memutuskan bahwa penting untuk membuat penugasan ulang ini untuk memberikan waktu kepada Boeing untuk menyelesaikan pengembangan Starliner sambil melanjutkan rencana bagi para astronot untuk mendapatkan pengalaman penerbangan luar angkasa untuk kebutuhan misi agensi di masa depan.

    Mann adalah warga California dan seorang kolonel dari Korps Marinir Amerika Serikat. ia memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang teknik mesin dari Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat dan gelar Master of Science di bidang teknik mesin dengan spesialisasi mekanika fluida dari Universitas Stanford. Dia adalah pilot uji F/A-18 dengan lebih dari 2.500 jam terbang di lebih dari 25 pesawat. NASA memilih Mann sebagai astronot pada 2013. Ini akan menjadi perjalanan pertamanya ke luar angkasa.

    “Ini adalah kesempatan seumur hidup untuk berlatih di pesawat ruang angkasa baru, Boeing Starliner, dan sangat luar biasa bekerja dengan tim Boeing,” kata Mann. 

    Sementara itu Cassada adalah warga Minnesota. Dia seorang fisikawan dan pilot uji Angkatan Laut AS. Dia kuliah di Michigan dan kemudian menyelesaikan Ph.D. penelitian di Fermi National Accelerator Laboratory sebelum menjadi penerbang angkatan laut. Cassada telah mengumpulkan lebih dari 4.000 jam terbang di lebih dari 45 pesawat yang berbeda. NASA memilihnya sebagai astronot pada 2013. Ini akan menjadi penerbangan luar angkasa pertamanya.

    “Sangat menyenangkan menghabiskan beberapa tahun terakhir pelatihan dengan tim gabungan Boeing dan NASA, dan saya sangat menantikan sekarang memiliki kesempatan untuk juga berlatih dengan SpaceX di pesawat ruang angkasa baru. Pelatihan silang pada kedua program adalah kesempatan unik untuk belajar, tetapi juga untuk memberikan wawasan berharga bagi astronot masa depan yang menerbangkan pesawat ruang angkasa ini, ”kata Cassada. (eko/nasa)