×

Iklan

SONDRI DT KAYO: CALEG DPRD PROVINSI SUMBAR DAPIL VI DARI PARTAI HANURA
DPRD Jangan Hanya Peningkah Gendang Kepala Daerah

26 November 2023 | 13:29:51 WIB Last Updated 2023-11-26T13:29:51+00:00
    Share
iklan
DPRD Jangan Hanya Peningkah Gendang Kepala Daerah
(foto: dok pribadi Sondri BS)

Sondri Dt Kayo*

 

Seorang legislator harus memahami masalah dan potensi daerah. Seorang legislator merupakan mintra sekaligus sparring partner bagi gubernur, bupati/walikota.

     

    Anggota DPRD Provinsi atau kabupaten dan kota yang dipilih oleh masyarakat sekali lima tahun merupakan saluran utama suara rakyat di daerahnya. Mereka mewakili daerah pemilihan atau wilayah elektoral masing-masing. Keberadaan anggota legislatif jangan hanya sebagai pelengkap sistem ketatanegaraan. Selain itu juga bukan hanya sekedar jadi instrumen rutinitas program pemerintah.

     

    Selama ini terkesan belum ada kerja-kerja signifikan DPRD atau personal anggota legislatif di berbagai daerah. Belum mampu mendorong dan menjadi mitra strategis eksekutif yang menghasilkan suatu kemajuan signifikan.

     

    Mengingat masih kurang bobot peranan DPRD, pemilu lima tahunan hanya menjadi seremonial rutin belaka. Pemilu sekedar pelepas tanya kewajiban terhadap undang-undang.  Terlihat belum menghasilkan lembaga legislatif yang kuat.

     

    Dalam menjalankan tugas dan fungsinya anggota DPRD  bisa melakukan stimulus terhadap eksekutif. Anggota DPRD dapat menginisiasi program dan menginspirasi eksekutif dalam pembangunan dan peningkatan sumberdaya manusia. Disamping menjalankan agenda legislatif yang sudah baku dalam peraturan perundangan.

     

    Kondisi daerah dan potensi yang dapat dikembangkan harus dikuasai oleh para calon legislatif. Data-data yang akurat tentang potensi daerah perlu jadi pegangan calon anggota DPRD. Sehingga sebelum pemilihan atau terpilih nanti sudah ada kerangka pengembangan dan kemajuan daerah yang menjadi dasar bagi masing-masing anggota DPRD.

     

    Visi dan misi daerah jangan hanya diserahkan bulat-bulat pada kepala daerah. Anggota DPRD jangan hanya sebagai peningkah "gendang" kepala daerah. Jikalau hanya sebagai penyahut gendang kepala daerah, fungsi representasi perwakilan daerah pemilihan kehilangan arti. Tak ada harapan yang bisa terlalu ditumpangkan para pemilih di wilayah pemilihan mereka.

     

     

    *Caleg DPRD Provinsi Sumbar Dapil VI dari Partai Hanura