×

Iklan


Diskon Belanja Klingking Fun Saat Pemilu 2024, Kurangi Golput

02 Februari 2024 | 09:46:22 WIB Last Updated 2024-02-02T09:46:22+00:00
    Share
iklan
Diskon Belanja Klingking Fun Saat Pemilu 2024, Kurangi Golput

Jakarta, Khazanah – Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) bersama Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) kembali mengadakan Klingking Fun, yakni pesta diskon spesial untuk masyarakat yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Ketua Umum APINDO Shinta Kamdani mengatakan, program Klingking Fun juga merupakan upaya para pengusaha untuk mencairkan suasana di masyarakat yang semakin panas menjelang Pemilu 2024.

"Kita lihat belakangan ini semakin panas situasinya. Jadi, saya bilang sama teman-teman pengusaha kayaknya kita harus meredam suasana agar lebih hangat gak usah panas-panas lebih dingin, adem. Inilah mengapa kita bersama-sama mencoba untuk menginsiiasi program yang memang lima tahun yang lalu sudah kita laksanakan bersama," kata Shinta di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

    Shinta menjelaskan, pihaknya pun telah melapor kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengenai pelaksanaan program Klingking Fun: Pesta Diskon, Anti Golput.

    "Kami juga sudah lapor ke Menparekraf Sandiaga Uno dan beliau mendukung full program ini, nanti beliau juga akan bantu promosikan, juga dengan institusi Pemerintah lainnya," ujarnya.

    Adapun, melalui program Klingking Fun ini diharapkan angka golongan putih (golput) bisa berkurang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Pemilu 2014, jumlah pemilih golput mencapai 58,61 juta orang atau 30,22 persen.

    Kemudian, pada Pemilu tahun 2019 ada 34,75 juta orang yang tidak menggunakan hak pilihnya atau golput. Jumlah itu setara dengan 18,02 persen dari seluruh daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 yang sebanyak 192,77 juta orang. Jumlah pemilih golput pada Pemilu 2019 menurun 40,69 persen dibandingkan periode sebelumnya. "Itu turunnya jauh sekali, keliatannya cukup berhasil. Harapan kami di tahun ini akan lebih turun lagi dan makannya kami Apindo, dan Hippindo, APPBI kembali mencanangkan Klingking Fun ini," jelasnya