×

Iklan


Dibuka Menparekraf, WIES 2025 Momentum Pengembangan Wirausaha Halal

07 Juli 2024 | 21:12:26 WIB Last Updated 2024-07-07T21:12:26+00:00
    Share
iklan
Dibuka Menparekraf, WIES 2025 Momentum Pengembangan Wirausaha Halal

Padang – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno secara resmi membuka Road to World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) Sumatera Barat 2025. Kegiatan yang dipusatkan di Mesjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi itu, ditargetkan melampaui capaian WIES 2023.

Agenda Road to WIES ini menjadi langkah awal persiapan WIES 2025 yang dijadwalkan berlangsung di Sumbar pada pertengahan 2025 nanti. Diharapkan, WIES 2025 menjadi momentum pengembangan wirausaha halal di Indonesia, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“WIES 2023 diikuti 20 negara, dihadiri sekitar 10.000 pengunjung dengan transaksi mencapai Rp146,8 miliar. Kita harapkan, WIES 2025 di Padang diikuti lebih banyak peserta dan pengunjung juga meningkat,” kata Menparekraf RI, Sandiaga Uno saat pembukaan Road to WIES 2025, Minggu (07/07/2024).

    Road to WIES 2025 yang mengusung tema “Masjid sebagai pusat pemberdayaan wirausaha dan inovasi” itu, dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar Sari Lenggogeni, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda dan keturunan Keluarga Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi serta pejabat dan tamu undangan lainnya.

    Dikatakan, WIES adalah wadah yang mempertemukan para pengusaha muslim dari puluhan negara di dunia untuk saling bertukar informasi, membuka peluang-peluang usaha, wawasan, dan lapangan kerja baru.

    “Sumbar telah memiliki citra yang kuat sebagai destinasi wisata halal di Indonesia bahkan dunia. WIES 2025 akan digelar untuk memperkuat ekosistem bisnis dunia, jaringan pariwisata, dan pengembangan UMKM halal,” katanya.


    Gubernur Mahyeldi menyampaikan sambutan. 

    Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, besarnya dampak yang diberikan oleh WIES dari pelaksanaan sebelumnya, menjadi alasan Pemprov Sumbar memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan WIES ke-2 pada 2025 yang ditargetkan akan diikuti oleh lebih banyak peserta dari berbagai negara. WIES 2025 menjadi jembatan bertemunya para entrepreneur tidak hanya di Sumbar, melainkan Indonesia dengan para investor dari berbagai belahan dunia.

    “Ini langkah kedua setelah WIES 2023, karena disana bertemu antara entrepreneur dengan pemodal (investor). Sehingga diharapkan menghadirkan lebih banyak lagi kemajuan, dan pengembangan usaha-usaha yang lebih banyak lagi di dunia Internasional,” jelas Mahyeldi.

    Ia meminta pelaku industri halal di Sumbar menjadikan WIES sebagai penyemangat untuk terus berinovasi, menghasilkan produk yang berkualitas sehingga memiliki daya saing.

    Menurutnya, untuk memaksimalkan peluang yang telah terbuka melalui WIES, perlu kolaborasi pemerintah dan semua pemangku kepentingan lain, terutama untuk mendorong peningkatan kualitas produk yang dihasilkan industri halal di Sumbar.

    Ia menilai, WIES juga memberikan peluang untuk sektor pariwisata halal Sumbar semakin dikenal dunia. Berkaca dari beberapa daerah seperti Bali, Yogyakarta dan NTB, sektor pariwisata sangat laik untuk diharapkan menjadi penyokong penguatan fiskal daerah.

    "Daerah sentra pariwisata seperti Bali, Yogyakarta dan NTB memiliki kemampuan fiskal yang baik disokong sektor pariwisata. Ke depan, Sumbar juga bisa menjadi seperti daerah itu karena potensinya sangat besar," katanya. (devi)