×

Iklan


Demokrat: Apa Pemerintah Masih Berniat Gelar Pemilu di 2024?

06 September 2021 | 15:05:10 WIB Last Updated 2021-09-06T15:05:10+00:00
    Share
iklan
Demokrat: Apa Pemerintah Masih Berniat Gelar Pemilu di 2024?
Ilustrasi. IST

Jakarta, Khazminang.id-- Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Demokrat Wahyu Sanjaya mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam melaksanakan Pemilu 2024. Hal itu ia sampaikan saat Komisi II rapat dengan pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal persiapan pemilu dan pilkada serentak 2024.

Wahyu mengatakan anggaran pemilu yang telah diajukan akan dicairkan lewat tiga tahap. Namun, hingga saat ini pemerintah belum mencantumkan anggaran pemilu dalam draf Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2022.

Pemerintah belum merancang anggaran persiapan pemilu hingga saat ini. Ia bertanya-tanya apakah pemerintah jadi menggelar pemilu di tahun 2024.

    "Pertanyaannya adalah apakah pemerintah itu masih berniat melaksanakan pemilu di 2024? Kalau ndak niat, ndak usah rapat lagi," kata Wahyu dalam rapat yang digelar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (6/9).

    Dalam kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tidak hadir. Ia hanya mengutus Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan Suhajar Diantoro untuk menghadiri rapat.

    Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menerima pertanyaan dari Wahyu. Ia berkata pertanyaan itu akan dijawab pada rapat berikutnya jika Tito hadir dalam rapat.

    "Kita tunggu tanggal 16 (September). Kalau Pak Mendagri hadir, saya kira masih menunjukkan niatnya untuk menyelenggarakan Pemilu 2024," ujar Doli.

    Semula, rapat hari ini digelar untuk mendalami keputusan-keputusan Tim Kerja Bersama soal pemilu dan pilkada serentak 2024. Rapat itu juga akan memutuskan berbagai hal soal dua pemilihan tersebut.

    Meski begitu, rapat digelar tidak sesuai rencana karena ketidakhadiran Tito. Menurut Doli, Tito ditugaskan Presiden Joko Widodo ke Papua untuk melakukan sejumlah peninjauan.

    Rapat itu pun hanya berlangsung dua jam dengan agenda mendengarkan pemaparan penyelenggara pemilu. Rapat keputusan Pemilu 2024 ditunda ke tanggal 16 September. (han/cnn)