×

Iklan


Debat Nasional Antar Siswa? Stella dari SMA 1 Padang Panjang jagonya

02 Juli 2024 | 12:03:48 WIB Last Updated 2024-07-02T12:03:48+00:00
    Share
iklan
Debat Nasional Antar Siswa? Stella dari SMA 1 Padang Panjang jagonya
Stella Marissa saat menerima hadiah dari penyelenggara NSDC

Padang Panjang, Khazanah - Siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang terus mengukir prestasi dengan meraih 13th Best Speaker dan medali perunggu di kompetisi National School Debating Championship (NSDC) tingkat nasional di Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta, 19-22 Juni 2024 lalu.

Kegiatan yang digelar Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) ini diikuti seluruh delegasi dari 37 provinsi se-Indonesia dari Aceh hingga Papua. 

Stella Marissa W Siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang yang mewakili Provinsi Sumatera Barat berhasil meraih 13th Best Speaker dan medali perunggu dalam ajang tersebut. 

    Ia merasa ajang NSDC tersebut hanya cita-cita  yang mustahil untuk diwujudkan. Banyak sekali kesulitan yang harus ia tempuh dari kelas 10 hingga sekarang untuk sampai di sini. Bahkan beberapa kali ia memikirkan untuk berhenti ikut debat karena susah dan sulitnya. 

    "Tapi saya bersyukur untuk tetap jalani dan sampai sekarang cita-cita yang rasanya gak mungkin tadi beneran kesampaian," ungkap Stella dengan haru, Sabtu (29/6).

    Ia berterima kasih kepada semua yang mendukung, khususnya coach Edwin Martinez, S.IP yang sabar membimbing dan menolong segala persiapan untuk setiap langkah Stella di dunia perdebatan.

    Ia juga terpilih untuk mengikuti pelatihan nasional (pelatnas) dalam rangka seleksi untuk menjadi perwakilan Indonesia di ajang internasional yaitu World Schools Debating Championship yang akan diselenggarakan di Panama. 

    Wakil Kesiswaan SMAN 1 Padang Panjang, Henrison, S.Pd menyampaikan, pencapaian sekolahnya dalam ajang debat ini adalah pengulangan sejarah. Sebelumnya sekolah ini juga termasuk dalam pemuncak nasional. 

    "Ada dua siswa angkatan lalu bernama Anggun Rafisa dan Vidianisa dulu juga mendapatkan best speaker masuk dalam 16 best speaker," tuturnya.

    Ia berharap tahun selanjutnya SMAN 1 Padang Panjang mendulang berbagai prestasi yang mengharumkan nama sekolah dan Sumatera Barat di berbagai bidang lomba. (paulhendri)