×

Iklan


Capaian Bulan Imunisasi Anak di Pariaman Baru 32,8 Persen

05 Agustus 2022 | 16:40:19 WIB Last Updated 2022-08-05T16:40:19+00:00
    Share
iklan
Capaian Bulan Imunisasi Anak di Pariaman Baru 32,8 Persen
Ilustrasi. NET

´╗┐Pariaman, Khazminang.id-- Pencapaian Bulan Imunisasi Anak (BIAN) se-Indonesia ditargetkan 95 persen untuk tiap daerah. Namun hingga kini, Kota Pariaman masih terbilang rendah, yaitu baru mencapai 32,8 persen.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat memberi arahan pada Rapat Koordinasi Imunisasi Tingkat Kota Pariaman di Aula Balaikota Pariaman, Kamis (4/8) kemarin.

"Kita harus menjelaskan kepada masyarakat bahwa imunisasi ini, setelah diberikan pada satu, dua hari memang menyebabkan dampak tertentu namun tidak berbahya dan memiliki manfaat besar bagi masyarakat," ujar Genius.

    Genius berujar, imunisasi sangat penting untuk menghasilkan anak-anak Kota Pariaman menjadi anak yang tangguh, sehat dan cerdas di masa depan. 

    "Untuk mencapai hal itu, kita harus bersama-sama dan stakeholder terkait melakukan gerakan bersama untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa imunisasi ini penting dan harus dilakukan," tegas dia.

    "Imunisasi yang lengkap akan menciptakan herd immunity atau kekebalan, sebaliknya cakupan yang rendah akan berisiko terkena penyakit seperti campak dan rubella," terangnya.

    Lebih lanjut Genius Umar juga menambahkan bahwa dengan dukungan dari Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Desa/Kelurahan dan organisasi lainnya berkomitmen bersama agar bisa meningkatkan capaian imunisasi di Kota Pariaman.

    "Kalau ini dilakukan, saya yakin angka imunisasi Kota Pariaman meningkat dan menghasilkan anak-anak yang tangguh," tutupnya. (khz)