×

Iklan


Bupati Rusma Yul Anwar: Mahasiswa Jangan Hanya Sekedar Jadi Wisudawan!

24 Juli 2022 | 17:33:36 WIB Last Updated 2022-07-24T17:33:36+00:00
    Share
iklan
Bupati Rusma Yul Anwar: Mahasiswa Jangan Hanya Sekedar Jadi Wisudawan!
Rusmayul Anwar menghadiri acara Wisuda Sarjana Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balaiselasa di Nagari Air Batu Kecamatan Ranah Pesisir, Pesisir Selatan Sabtu (23/7) lalu.

Painan, Khazminang.id - Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Rusmayul Anwar mendorong seorang mahasiswa itu harus mampu mengembangkan potensi dirinya dan tidak hanya sekedar Wisudawan.

 

Hal itu dikatakan Rusmayul Anwar saat menghadiri acara Wisuda Sarjana Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balaiselasa di Nagari Air Batu Kecamatan Ranah Pesisir, Pesisir Selatan Sabtu (23/7).

     

    "Seorang mahasiswa tidak hanya sekedar bisa menjadi Wisudawan saja. Tapi seorang sarjana itu harus mampu dan selalu berupaya mengembangkan potensinya, dengan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan serta selalu memperbaiki kapasitas dan kompetensi diri," ungkap Bupati.

     

    Selain Bupati kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Koordinasi Pengurusan Tinggi Swasta (Kopertais) Wilayah VI Sumbar, Ketua umum YPPTIPS Ket.II.Mardianton, Ketua Stai BPK Lukman Hakim, Camat, Danramil, Wali Nagari Se - Kecamatan Ranah Pesisir, orang tua, Ninik mamak, Alim Ulama dan para undangan lainya.

     

    Wisuda angkatan 53 ini sebanyak 42 orang terdiri dari 26 orang Program Studi Hukum Keluarga dan 16 orang Program Studi Pendidikan Agama Islam.

     

    Bupati melanjutkan bahwa dari tahun ke tahun dunia semakin maju. Apalagi saat ini memasuki era digitalisasi komunikasi dan informasi dunia yang sedang berada di ujung jari.

     

    Hal demikian perlu disikapi dengan cerdas oleh segenap almamater setiap perguruan tinggi agar jangan tergilas zaman.

     

    Maka dari itu peran lembaga sangat penting dalam menyediakan Wadah untuk  mengembangkan potensi diri mahasiswa.

     

    Dalam wadah itu, kata dia, harus ada dukungan baik secara moril maupun materil. Namun dukungan dari lembaga pendidikan tentu saja akan menjadi sia - sia apabila tidak ada kemauan untuk berprestasi dari para mahasiswa, sebab bukan hanya saja kemauan yang dibutuhkan, kemampuan dan kesiapan pun wajib dimiliki.

     

    "Jadi saya berharap kepada lembaga pendidikan tinggi ini untuk terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan yang telah ada. Dan jangan puas dengan kondisi yang ada," harapnya.

     

    "Kedepannya kita juga sama - sama berharap Wisudawan mampu menjadi agen perubahan dan pelaku pembangunan di Pesisir Selatan. Kemudian juga dapat menjadi pelita di tengah-tengah masyarakat nantinya," tutupnya (Mil Hendrawandi).