×

Iklan


Buang Limbah ke Selokan, Pelaku Usaha di Padang Dapat Teguran

26 Mei 2024 | 08:33:34 WIB Last Updated 2024-05-26T08:33:34+00:00
    Share
iklan
Buang Limbah ke Selokan, Pelaku Usaha di Padang Dapat Teguran

Padang – Pelaku usaha yang satu ini benar-benar tak peduli dengan kebersihan lingkungan. Lihat saja. Pemilik usaha yang beralamat di Jalan A.R Hakim, Kecamatan Padang Selatan ini membuang langsung limbah cucian piring dan limbah dapurnya ke selokan.

Perbuatannya ini tak urung mendapat perhatian dari petugas penegak Perda Kota Padang. Bersama jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, petugas Satpol PP terpaksa memberikan teguran atas perbuatannya itu, Sabtu (25/5/2024).

“Perbuatan pelaku usaha tersebut diduga telah melanggar Perda Nomor 2 tahun 2023 tentang Air Limbah Domestik,” kata Kabid Penataan dan Penegakan  Hukum Lingkungan (P2HL) Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Auwilla Putri.

    Pihaknya mengimbau para pemilik usaha agar ke depannya tidak lagi melakukan pelanggaran. Limbah cuci piring atau limbah air dapur tidak dibenarkan dibuang langsung ke selokan, apa lagi ke jalan umum. Harus ada penampungan dan pengolahan limbahnya.

    “Setiap pelaku usaha harus ada tempat pengelolaan limbah sesuai dengan aturan yang berlaku dan memiliki dokumen Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL),” terang Auwilla Putri.

    Atas perbuatannya itu, pemilik usaha dipanggil untuk datang ke Dinas Lingkungan Hidup pada Senin depan untuk dimintai keterangan sekaligus dilakukan pembinaan.

    Sementara Kasat Pol PP Padang, Chandra Eka Putra menyebutkan, pihaknya siap mendukung penegakan Perda di Kota Padang sesuai tupoksi yang diemban oleh masing-masing OPD.

    "Dalam penegakan peraturan, jajaran kita siap terjun ke lapangan untuk memberikan dukungan pada masing-masing OPD,” ujar Chandra. (devi)