×

Iklan


Besok, Partai Ummat Dideklarasikan

28 Apr 2021 | 20:07:55 WIB Last Updated 2021-04-28T20:07:55+00:00
    Share
iklan
Besok, Partai Ummat Dideklarasikan
SETELAH resmi memperkenalkan Partai Ummat pada 1 Oktober 2020 lalu, hari ini Kamis (29/4), politisi senior Amien Rais akan mendeklarasikan partai berlogo perisai tauhid dan bintang berwarna kuning keemasan itu. IST

//teks foto: KAKI

Jakarta, Khazminang.id-- Politisi senior Amien Rais direncanakan akan mendeklarasikan Partai Ummat sebagai partai baru di Indonesia pada hari ini Kamis, 29 April 2021 atau bertepatan dengan 17 Ramadan 1442 Hijriah. Deklarasi rencananya akan disiarkan secara virtual di kanal YouTube Amien Rais Official.

    "Saksikan deklarasi Partai Ummat, hanya di Amien Rais Official Youtube. Siaran Langsung. 17 Ramadhan 1442H/ 29 April 2021. Pukul 13.00 WIB," bunyi pengumuman yang dikutip dari akun Instagram resmi Amien Rais @amienraisofficial, Rabu (28/4).

    Inisiator Partai Ummat, Agung Mozin sempat menjelaskan pihaknya sengaja memilih tanggal 17 Ramadan untuk deklarasi karena tanggal tersebut baik bagi umat Islam. Terlebih lagi, tanggal 17 Ramadan bertepatan dengan hari turunnya Alquran atau Nuzulul Qur'an.

    Agung juga mengatakan deklarasi sengaja dihelat secara virtual karena pandemi virus corona (Covid-19) di tanah air belum usai. Seirama pula dengan imbauan pemerintah tentang larangan membuat kerumunan.

    Partai Ummat sendiri resmi dikenalkan Amien Rais ke publik pada 1 Oktober 2020 lalu. Amien mengatakan bahwa Partai Ummat memiliki semboyan lawan kezaliman dan tegakkan keadilan. Islam Rahmatan lil Alamin menjadi asas bagi partai tersebut.

    Sementara itu, logo Partai Ummat dikenalkan Amien berupa perisai tauhid dan bintang berwarna kuning keemasan. Makna gambar bintang dalam logo tersebut sama sepert yang ada di dada burung Garuda Pancasila yakni simbol Ketuhanan yang Maha Esa.

    Agung juga membeberkan beberapa nama-nama tersohor yang akan bergabung dalam kepengurusan Partai Ummat. Selain Amien, ada nama menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi hingga eks terpidana UU ITE Buni Yani.

    Bahkan, Ridho sendiri digadang-gadang akan menjadi kandidat Ketua Umum Partai Ummat pada deklarasi tersebut. Namun demikian, Agung menegaskan, Majelis Syuro Partai Ummat belum memutuskan nama yang terpilih untuk menjabat sebagai Ketum Partai Ummat.

    "Itu cerita dari luar seperti itu, saya kan tidak ikut di Majelis Syuro, saya ditugaskan Pak Amien di kepengurusan [DPP]," kata Agung.

    Lebih lanjut, ia berkata, calon Ketum Partai Ummat terpilih nantinya belum tentu berasal dari kalangan keluarga Amien. Agung menuturkan, memilih sosok yang tepat untuk menduduki jabatan Ketum Partai Ummat bukan perkara mudah. Menurutnya, sosok yang menjadi ketum nantinya senafas dengan perjuangan Partai Ummat.

    "Memilih ketum itu tidak gampang. Semua orang selalu mengaitkan ke situ karena memilih ketua umum tidak gampang, karena ada yang mau, tidak memenuhi unsur profil seorang ketum dengan tagline melawan kezaliman dan menegakan ini," katanya.

    Berangkat dari itu, Agung menegaskan, Majelis Syuro Partai Ummat yang diketuai oleh Amien akan mengumumkan sosok yang terpilih sebagai Ketum Partai Ummat dalam acara deklarasi yang berlangsung pada Kamis (29/4) mendatang. ryn/cnn