×

Iklan


Berkunjung ke Pariaman, Konsulat Amerika Kagumi Tabuik dan Keindahan Pantai

22 September 2022 | 16:16:51 WIB Last Updated 2022-09-22T16:16:51+00:00
    Share
iklan
Berkunjung ke Pariaman, Konsulat Amerika Kagumi Tabuik dan Keindahan Pantai

´╗┐Pariaman, Khazminang.id-- Wakil Konsulat Amerika bidang politik dan ekonomi, Suraj S. Mungara mengaku kagum akan keindahan kota, pantai dan pasir yang bersih di kota itu. Dia juga tertarik terhadap Budaya Hoyak Tabuik.

Hal itu diungkapkannya saat disambut Wali Kota Pariaman, Genius Umar dalam rangka kunjungan kerja di Safari Inn Cafe Kota Pariaman, Rabu (21/9) kemarin.

"Kota Pariaman sangat indah karena memiliki pantai yang begitu asri. Hal ini membuat saya ingin kembali lagi ke Kota Pariaman bahkan ingin menikmati keindahan Kota Pariaman yang lainnya," kata dia.

    Saat itu, dirinya mengaku senang bisa sempat saling berbagi informasi tentang suksesknya Genius Umar memimpin Kota Pariaman. Bahkan, dirinya juga ingin belajar tentang pendekatan unik Pariaman terhaeap pembangunan, pariwisata dan tata pemerintahan yang baik.

    "Kami berencana mempunyai program khusus terkait hubungan ekonomi politik. Tidak hanya di Pariaman, kami juga telah melakukan penelitian tentang pendidikan, penggunaan Bahasa Inggris di Sumbar dan kami juga sudah bekerja sama dengan Semen Padang  dan Andalas University," tambahnya.

    Tidak hanya itu, Suraj S. Mungara juga menyatakan ketertarikannya akan salah satu event pariwisata di Pariaman, yaitu Tabuik. Dia tidak menyangka bahwa event seperti itu mampu mendatangkan ratusan ribu pengunjung yang berdampak langsung dengan ekonomi masyarkat di Kota Pariaman.

    "Semoga saja lain waktu saya bisa kembali lagi ke Kota Pariaman dan nantinya akan membicarakan program khusus di Kota Pariaman," tutupnya.

    Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar usai menerima kunjungan mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan suatu kebanggaan bagi Kota Pariaman.

    "Merupakan suatu kebanggaan karena Pariaman menjadi salah satu agenda dalam kunjungannya. Banyak hal yang saya sampaikan, mulai dari perkembangan wisata yang berdampak pertumbuhan ekonomi masyarakat, sampai situasi politik yang aman di Kota Pariaman," ungkap Genius.

    Kota Pariaman, kata dia, merupakan salah satu kota yang sedang berkembang baik infrastruktur maupun ekonominya. Hal itu disebabkan karena Pariaman telah berada pada zona hijau, sehingga telah diizinkan untuk menyelenggarakan berbagai event, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

    "Pada masa pandemi, wisawata di Kota Pariaman sempat ditutup selama 6 bulan karena Pariaman dinilai cukup baik dalam penanganan Covid-19, sehingga lebih cepat diizinkan membuka objek wisata," katanya. 

    Dengan dibukanya objek wisata, menurut Genius, perekonomian di Kota Pariaman kembali bangkit dan terus mengalami peningkatan. Tidak hanya itu, beberapa bulan ini, pihaknya juga telah berhasil mengadakan sejumlah event besar, seperti Tabuik yang mengundang ratusan ribu pengunjung dan Pariaman Berlari.

    Selain itu, Genius Umar juga menjajaki peningkatan program pertukaran pemuda dan pelajar serta ASN lingkup Pemko Pariaman dengan Amerika. (Suger)