×

Iklan


Bahayakan Keselamatan Lalu Lintas, Satpol PP Tertibkan PKL Bandel

13 Juni 2024 | 19:49:40 WIB Last Updated 2024-06-13T19:49:40+00:00
    Share
iklan
Bahayakan Keselamatan Lalu Lintas, Satpol PP Tertibkan PKL Bandel

Padang – Setiap kali patroli, petugas Satpol PP Padang selalu mendapati warga yang tak patuh dan melanggar Perda. Kali ini para penegak Perda itu kembali menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih berjualan menggunakan badan jalan dan trotoar di kawasan Tunggul Hitam dan kawasan Tabing, Kota Padang, Kamis (13/6/24).

Para pedagang di sekitar Tunggul Hitam dan Tabing itu sudah sering di tegur, bahkan sudah sering pula dilakukan penertiban. Tetapi sepertinya tidak jera juga, sehingga ketika Satpol PP patroli lagi di kawasan tersebut, petugas kembali mendapati para pedagang menggelar lapak-lapak dagangannya di badan jalan dan trotoar.

“Kali ini kita fokus melakukan pengawasan dan penertiban pada lokasi-lokasi yang padat lalu lintas kendaraan. Karena aktivitas PKL yang masih mengunakam badan jalan dan trotoar untuk berjualan maka sering menimbulkan kemacetan. Hal ini yang dikeluhkan warga,” kata Kepala Satpol PP Kota Padang, Chandra Eka Putra.

    Chandra menjelaskan, perbuatan para pedagang tersebut telah melanggar Perda 11 Tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Selain itu perbuatan mereka juga membahayakan keselamatan para pengguna jalan karena rentang terjadi kecelakaan akibat penyempitan badan jalan.

    "Kita terpaksa menindak tegas para PKL itu untuk menciptakan kondisi yang aman dan tertib di masyarakat. Lapak-lapak pedagang yang di tinggal atau yang melanggar kami tertibkan dan di bawa ke Mako Satpol PP sebagai barang bukti. Jumlahnya ada belasan lebih kurang," jelas Chandra.

    Barang bukti yang disita itu diserahkan ke Penyidik pegawai Negri Sipil (PPNS) Satpol PP untuk di proses sesuai aturan yang berlaku. Untuk selanjutnya, para pedagang bandel itu akan dikenakan tindak pidana ringan (tipiring) sebagai efek jera bagi pedagang lainnya.

    Pihaknya berharap seluruh masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang agar tidak melanggar Perda dan mematuhi aturan yang berlaku.

    "Mari bersama sama kita jaga Kota Padang agar tertib, bersih, aman dan nyaman. Kami tidak melarang para pedagang untuk berjualan, namun harus tetap mematuhi aturan yang berlaku," katanya. (devi)