×

Iklan


Anak-anak Orang Minang Wajib Bisa Baca Alquran

04 Februari 2024 | 15:12:30 WIB Last Updated 2024-02-04T15:12:30+00:00
    Share
iklan
Anak-anak Orang Minang Wajib Bisa Baca Alquran

Padang, Khazanah – Umat muslim utamanya orang Minang mestinya lancar membaca Alquran. Namun masih banyak mereka yang belum bisa membaca Alquran. Padahal, sebagai orang Minang yang menunjung falsafah Adat Basandi Sarak-Sarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), maka kemampuan membaca Alquran merupakan salah satu perwujudan dari penerapan ABS-SBK.

“Untuk itu, setiap orang tua hendaknya dapat memastikan anak-anaknya mampu membaca Alquran,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat Subuh Mubarakah menyambut Isra' Mi'raj di Masjid Raya Sumbar, Minggu (4/2/2024).

Dia juga meminta, agar orangtua menanamkan pada anak-anaknya bahwa dengan membaca Alquran dapat membentuk keimanan yang kuat, sehingga terhindar dari perbuatan yang dilarang agama.

    Bagi masyarakat Minangkabau, belajar mengaji adalah tradisi. Maka bagi orangtua yang anak-anaknya belum bisa baca Alquran hendaknya dapat meluangkan waktu untuk membimbing mereka belajar mengaji.

    “Terutama setiap Kepala OPD agar memastikan seluruh ASN yangberagama Islam di jajarannya, anak-anak mereka wajib bisa baca Alquran,” katanya.

    Membaca Alquran memang tidak mudah, apalagi belajar membaca Alquran tidak semudah membaca huruf alfabet di sekolah karena dikemas dalam bahasa Arab. (devi)