×

Iklan


Agar Warga tak Buang Air Sembarangan, Pemko Pariaman Sediakan 1.000 Jamban Keluarga

07 Mei 2023 | 16:09:20 WIB Last Updated 2023-05-07T16:09:20+00:00
    Share
iklan
Agar Warga tak Buang Air Sembarangan, Pemko Pariaman Sediakan 1.000 Jamban Keluarga

Pariaman, Khazanah --  Agar buang air besar tidak sembarang dan agar bisa menjaga kebersihan serta kesehatan warga, maka Pemerintah Kota Pariaman akan membuatkan 1.000 tanki septik untuk jamban keluarga tak mampu. Seluruhnya akan diselesaikan pembangunannya dalam tahun  ini juga.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan jamban keluarga yang sehat akan  membantu peningkatan kualitas kesehatan warga. “Karena dengan jamban keluarga itu kita bisa diajar untuk hidup bersih dan sehat, tidak buang air di sembarang tempat,” kata Genius Umar.

    Dalam sebuah rapat koordinasi dengan para Lurah dan Kepala Desa se Kota Pariaman, Walikota Genius Umar meminta agar para Lurah dan Kepala Desa dapat menyosialisasikan pentingnya MCK dan sanitasi  untuk tiap warga Pariaman.

    “Sanitasi yang meliputi pengelolaan air limbah, persampahan dan drainase merupakan tanggung jawab kita semua, sebagai bagian dari sanitasi pengelolaan limbah menjadi salah satu faktor penting yang patut diperhatikan,” kata Walikota Pariaman.

    Genius berharap dengan adanya pembangunan 1.000 tangki septik individual ini, hendaknya  dapat memperbaiki sanitasi yang tadinya mencemari tanah menjadi aman dibuang ke lingkungan, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup masyarakat.

    Masalah sanitasi adalah persoalan lama yang masih terus ada di masyarakat, untuk itu penuntasan masalah ini benar-benar membutuhkan kepedulian dan perhatian dari kita bersama.

    “Saya percaya, sekecil apapun langkah yang dilakukan dalam memperbaiki sanitasi, dapat membawa dampak yang besar bagi generasi mendatang”, tambahnya.

    Genius berharap program sanitasi air bersih yang termasuk dalam sustainable development goals (SDGs) 2030 bisa tercapai sesuai dengan harapan.

    “Jangan ada lagi masyarakat yang membuang sampah serta air jamban ke sungai atau ke kolam, karena itu semua akan merusak lingkungan sekitar,” ujar Genius. (Syafrial Suger)