×

Iklan


5 Kawasan Metropolitan Di Sumatera Akan Dibuat, Sumbar Tidak Masuk

14 September 2023 | 14:48:22 WIB Last Updated 2023-09-14T14:48:22+00:00
    Share
iklan
5 Kawasan Metropolitan Di Sumatera Akan Dibuat, Sumbar Tidak Masuk

Jakarta, Khazanah – Sejumlah kota-kota besar di Pulau Sumatera direncanakan hendak membuat sebuah kawasan metropolitan baru di daerahnya masing-masing. Beberapa kota di Pulau Sumatera yang memiliki ekonomi kuat dan penduduk yang banyak, berniat membuat kawasan metropolitan baru.

Dilansir dari kanal YouTube Sumatera Pedia, beberapa kota yang dianggap sebagai metropolitan di Pulau Sumatera telah mempersiapkan diri untuk menjadi kawasan metropolitan tersebut. Sayangnya, Provinsi Sumatera Barat tidak termasuk dalam deretan kota metropolitan di Pulau Sumatera tersebut yang saat ini tengah sibuk mempersiapkan diri.

Kota mana saja yang hendak membuat kawasan metropolitan baru di Pulau Sumatera itu ? 

    1.RIAU

    Pekanbaru sebagai ibu Kota Provinsi Riau ini menjadi salah satu kota di Pulau Sumatera yang tertarik membuat kawasan metropolitan baru. Sektor penggerak ekonomi utama Provinsi Riau adalah perdagangan. Beberapa daerah di Riau pun saat ini tengah dipersiapkan menjadi kawasan metropolitan baru dengan nama ‘Pekansikawan’, singkatan dari nama beberapa kota di Riau yang akan menjadi Kawasan Metropolitan, yaitu kota Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan.

    2.BANDAR LAMPUNG

    Bandar Lampung merupakan Ibu Kota Provinsi Lampung sekaligus sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera dari Pulau Jawa. Letaknya yang strategis membuat Bandar Lampung memiliki banyak keuntungan. Sektor penggerak ekonomi di Lampung adalah perdagangan, keuangan dan jasa. Kedepannya, kota Bandar Lampung akan membentuk kawasan metropolitan baru dengan nama ‘Bandar Lampung Raya’ yang terdiri dari Kota Bandar Lampung, Metro, Kalianda, Pringsewu dan Gedong Tataan.

    3.BATAM

    Batam bukanlah Ibu Kota Provinsi, namun hanya kota biasa, tetapi memiliki sedikit keistimewaan. Keistimewaan tersebut ialah selain dikepalai oleh seorang Wali Kota, Batam juga dikelola oleh Badan Pengusahaan Batam atau BP Batam yang sebelumnya disebut Otorita Batam. Ekonomi Kota Batam ditopang oleh sektor industri dan pariwisata yang juga tumbuh subur di daerah yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau ini. Kota Batam juga akan tergabung dalam kawasan metropolitan baru yang terdiri beberapa daerah seperti Bintan, Galang, Rempang dan Karimun.

    4.PALEMBANG

    Kota Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Pelambang dianggap sangat matang menjadi kota besar. Sektor yang menjadi penggerak perekonomian di Palembang adalah industri pengolahan dan konstruksi. Kedepan, Kota Palembang akan membentuk kawasan metropolitan baru dengan nama ‘Patung Raya Agung’, gabungan dari kota Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir.

    5.MEDAN Kota Medan juga saat ini tengah dikembangkan sebagai kawasan metropolitan baru bersama beberapa kota dan kabupaten di sekitarnya dengan nama ‘Mebidangro’, terdiri dari kota Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo. Sektor ekonomi yang menjadi tulang punggung Kota Medan adalah konstruksi dan industri pengolahan