×

Iklan


32 Ekor Sapi di Padang Dilaporkan Terjangkit PMK

22 Juli 2022 | 14:23:13 WIB Last Updated 2022-07-22T14:23:13+00:00
    Share
iklan
32 Ekor Sapi di Padang Dilaporkan Terjangkit PMK
Ilustrasi. NET

Padang, Khazminang.id-- Sebanyak 32 ekor hewan ternak sapi, kembali ditemukan terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) oleh Dinas Pertanian Kota Padang.

Sebelumnya diketahui, menjelang Hari Raya Iduladha, semua hewan ternak di Kota Padang sudah dinyatakan sembuh secara keseluruhannya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat mengatakan, sapi yang terpapar PMK itu ditemukan di dua kecamatan, yaitu Bungus Teluk Kabung dan Koto Tangah.

    "Di daerah Bungus Barat sebanyak 30 ekor sapi, di Lubuk Minturun Koto Tangah ditemukan lagi sebanyak 2 ekor sapi juga, yang dilaporkan pada tanggal 14 Juli 2022 kemarin," kata Syahrial, Kamis (21/7).

    Berdasarkan prediksi Dinas Pertanian, kata Syahrial, hewan yang terpapar di Bungus Teluk Kabung berasal dari hewan ternak luar daerah Padang. Seluruh sapi yang terpapar merupakan sapi lokal.

    "Di sana hewannyakan dibiarkan lepas, bisa jadi tertular dari hewan luar daerah yang datang pada saat Iduladha kemarin," bebernya.

    Lebih lanjut kata dia, dari 32 hewan yang terpapar, sudah menunjukan ke arah yang lebih baik menuju sembuh, namun hingga kini masih dalam tahap pengobatan.

    Di samping obat yang disediakan pemerintah, para petani di sana banyak yang mengobati sapi mereka dengan pengobatan tradisional, seperti air daun sungkai.

    "Hewannya menuju sembuh, makan sudah bisa, namun masih dalam tahap pengobatan. Sore ini (kemarin -red) kami akan cek lagi ke lokasi," kata dia. (khz)