×

Iklan

KEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT SETIAP SISWA
2023 Disdikbud Pessel Bakal Luncurkan Program Nagari Sekolah

11 Juli 2022 | 15:44:05 WIB Last Updated 2022-07-11T15:44:05+00:00
    Share
iklan
2023 Disdikbud Pessel Bakal Luncurkan Program Nagari Sekolah
Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempatbakal meluncurkan program nagari sekolah pada tahun 2023 nanti (foto: Mil Hendrawandi)..

Painan, Khazminang.id--  Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat bakal meluncurkan program nagari sekolah pada tahun 2023 nanti.

 

Hal itu dimaksudkan guna pengembangan diri bagi peserta didik sesuai minat dan bakat masing - masing di sekolah itu.

     

    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Salim Muhaimin mengatakan program tersebut bertujuan untuk memutus ketergantungan dengan android.

     

    Dikatakanya, nagari bersekolah merupakan ajang kreatifitas siswa di masing-masing nagari di luar jam sekolah seperti dalam kegiatan ekstrakurikuler

     

    Menurutnya, selain itu program ini juga dapat mengembangkan diri minat dan bakat pada siswa di masing - masing sekolah tersebut.

     

    "Nanti kreatifitasnya beda-beda, mulai dari seni, olahraga dan kegiatan positif lainnya,"kata dia kepada Khazanah/Khazminang.id, Senin (11/7).

     

    Mantan Kepala SMA 3 Painan itu melanjutkan, masing-masing kegiatan yang terdiri dari siswa berbagai sekolah di nagari itu nantinya bakal dikawal seorang guru dan ditargetkan segera dimulai pada tahun ajaran baru ini.

     

    Di sekolah nagari siswa tersebut akan mendapatkan pelatihan dari guru-guru berkompeten yang ditujunjuk dan dilakukan pemantauan perkembangannya secara periodik dari dinas pendidikan dan kebudayaan setempat.

     

    "Program sekolah nagari ini juga selaras dengan kurikulum merdeka belajar, karena lebih pada mengeksplorasi kemampuan siswa sesuai dengan minat dan bakatnya yang didampingi guru yang berkompeten," ungkapnya. .

     

    Sebab, kata dia, sukses atau tidaknya seseorang itu tidak harus tergantung pada nilai satu mata pelajaran saja. Namun setiap manusia pada prinsipnya memiliki minat dan bakat serta kemampuan yang berbeda-beda.

     

    "Di sini anak - anak nantinya akan di- coaching terus, sehingga tampak perkembangannya sesuai minat dan bakatnya masing-masing," ujar mantan kepala SMA 3 Painan yang juga pernah terpilih teladan 1 pada ajang pemilihan sekolah teladan tingkat SLTA se Kabupaten Pesisir Selatan.

     

    Kegiatan ini sebelumnya sudah diekspos di salah satu nagari yaitu di Kecamatan Sutera dan secara umum bakal di-launching mulai tahun ajaran baru 2022-2023 (Mil Hendrawandi).