×

Iklan


150 Orang Kabag Protokol di Sumbar Ikuti Bimtek Peningkatan Kompetensi Keprotokolan

05 Juni 2024 | 16:28:17 WIB Last Updated 2024-06-05T16:28:17+00:00
    Share
iklan
150 Orang Kabag Protokol di Sumbar Ikuti Bimtek Peningkatan Kompetensi Keprotokolan

Padang – Keprotokolan berada di garda depan pelayanan pemerintahan. Ketika aspek-aspek  keprotokolan berjalan dengan baik, maka pelayanan dan pelaksanaan pemerintahan daerah (Pemda) dinilai juga berjalan dengan baik.

Apalagi ketika melayani tamu-tamu, keprotokolan tentu diminta harus memberikan pelayanan terbaik. Aspek ini dalam agama Islam dan budaya Minang sangat ditekankan. Islam mengajarkan pentingnya memuliakan tamu.

“Jadi dapat kita simpulkan, kinerja keprotokolan menjadi salah satu cermin dari pelayanan pemerintahan. Percayalah, ketika kita memberikan pelayanan keprotokolan yang terbaik, maka penilaian yang baik juga akan kita terima," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumbar, Rabu (05/06/2024).

    Dalam adat dan budaya Minangkabau, terang Mahyeldi, jelas terlihat keprotokolan itu telah berjalan sejak dulu. Dalam acara-acara adat, seseorang ditempatkan duduk pada tempatnya. Ini pula yang diadopsi dalam pelayanan protokol pemerintahan.

    Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setdaprov Sumbar, Mursalim dalam laporannya menyebutkan, Bimtek Keprotokolan yang mengusung tema “Membangun Sinergitas Antarprotokol se-Sumbar” itu, diikuti 150 orang peserta dengan latar belakang Kabag Protokol dan anggota keprotokolan di Pemprov Sumbar dan Pemkab/Pemko se-Sumbar.

    Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kompetensi keprotokolan lingkup Pemda se-Sumbar serta meningkatkan sinergitas antarprotokol di Sumbar.

    "Usai pelaksanaan Bimtek ini, kita berharap keterampilan dan kompetensi keprotokolan di Sumbar lebih meningkat,” katanya.

    Kepala Bagian Protokol Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Ade Pratama menambahkan, Bimtek ini menghadirkan berbagai materi yang sangat berguna bagi peserta, mulai dari prinsip dasar keprotokolan serta materi-materi lainnya dari para narasumber.

    "Bimtek berlangsung selama dua hari. Kita berharap para peserta rekan-rekan protokoler mendapatkan pengayaan-pengayaan dari para narasumber, sehingga, kualitas keprotokolan di Sumbar makin maksimal," ujar Ade. (devi/adpsb)