×

Iklan

SENDRATASIK FBS UNP GELAR KULIAH UMUM
Dua Mata Kuliah Hadirkan Pembicara dari Luar Negeri

17 November 2020 | 21:48:48 WIB Last Updated 2020-11-17T21:48:48+00:00
    Share
iklan
 Dua Mata Kuliah Hadirkan Pembicara dari Luar Negeri
PEMBICARA- Timbalan Dekan Fakultas Film Teater dan Animasi UiTM Malaysia, Dr. Syahrul Fithri Musa, Pembicara dalam Kuliah Umum Mata Kuliah Tata Teknik Pentas di Jurusan Sendratasik, FBS UNP. (foto: Ist/net)

Padang, Khazminang--   Masa Pandemi Covid-19 bukan berarti membuat  orang harus kehilangan kreativitas, akan tetapi seharusnya bisa melahirkan kreativitas yang lebih luar biasa lagi.  

 

Setidaknya semangat itulah yang mendorong civitas akademika Jurusan seni Drama tari dan Musik (Sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Univeritas Negeri Padang (UNP) melakukan kuliah umum yang tidak biasa pada pekan lalu.

     

    Dikatakan tidak biasa karena biasanya kuliah umum dilaksanakan oleh universitas, fakultas, ataupun jurusan, namun kuliah umum di Sendratasik diadakan khusus untuk mata kuliah dengan menghadirkan pembicara dari luar negeri, serta sepenuhnya kegiatan tersebut menggunakan aplikasi zoom.

     

    Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan FBS, Prof. Dr. Ermanto, S. Pd., M. Hum.

    Dalam sambutannya Prof. Ermanto mengatakan, kegiatan kuliah umum ataupun webinar untuk setiap mata kuliah sangat perlu dilaksanakan di masa-masa mendatang, apalagi dengan mengundang pemateri atau narasumber dari luar negeri.

     

    “Kuliah umum atau webinar dengan pemateri dari luar negeri sangat perlu dilakukan guna menambah wawasan  mahasiswa dan sekaligus akan sangat membantu membuat fakultas mewujudkan visi dan misi mereka, apalagi FBS UNP mempunyai target menjadi fakultas terkemuka di Asia,” kata Ermanto.

     

    Sementara itu, Ketua Jurusan Sendratasik, Dr. Syeilendra, S. Kar., M. Hum., mengatakan dalam sebulan terakhir, beberapa kali kuliah umum digelar dalam mata kuliah yang dibina oleh Indra Yuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D. tetap dengan menghadirkan pensyarah dari luar negeri.

     

     “Kuliah umum tersebut kita adakan guna melengkapi dan menambah wawasan mahasiswa dalam perkuliahan Tata Teknik Pentas dan perkuliahan Koreografi,” ujar Syeilendra, Selasa (17/11)

     

    Untuk Mata Kuliah Tata Teknik Pentas, kuliah umum yang berlangsung dengan menggunakan aplikasi Zoom tersebut menghadirkan pembicara Timbalan Dekan Fakultas Film Teater dan Animasi UiTM Malaysia, Dr. Syahrul Fithri Musa.

     

    Dalam ksempatan itu, Dr. Syahrul Musa menyampaikan materi dengan judul Kiat Pemenfaatan Teknologi dalam Penataan Artistik Panggung.

     

    Syahrul Fithri Musa menyampaikan tentang bagaimana berkreasi dan mensiasati penataan panggung di masa pandemi Covid-19 sekarang dengan memanfaatkan teknologi.

     

    “Dengan demikian tentu masa pandemi tidak bisa menghalangi kreatifitas insan seni terutama teater dalam berkreasi, meski tidak sesempurna dengan menggunakan manusia atau ditampilkan oleh manusia, namun teknologi tetap bisa mewakili hal itu,” kata Syahrul.

     

    Sedangkan untuk Kuliah Umum Mata Kuliah Koreografi, juga menghadirkan pensyarah dari luar negeri yakni Dr. Mohd. Effindi Samsuddin dari Universiti Malaya, Malaysia

     

    Senada dengan itu, Wakil Dekan III FBS UNP Indra Yuda, M. Pd, Ph. D., yang juga Pengampu Mata Kuliah Teknik Tata Pentas dan Mata Kuliah Koreografi menjelaskan, di masa pandemi mahasiswa dalam bidan seni pertunjukan tetap harus kreatif.

     

    “Dan dimasa Pandemi ini keratifitas itu dituntut karena banyak hal yang terhalang dan tidak bisa dilakukan karena situasi dan kondisi,” kata dia. (Novrizal Sadewa).